Sosialita

Merasa 'Terbakar' Saat Kencing? Ini Penyakitnya

Jakarta - Anda sering merasakan seperti terbakar di organ intim Anda ketika sedang buah air kecil? Ini bisa saja pertanda ada gangguan kesehatan dalam tubuh Anda khususnya di area intim tersebut.
 
Infeksi Saluran Kemih (ISK)
 
Kebanyakan wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih di beberapa titik dalam hidup mereka. Ini ditandai dengan sering ingin buang air kecil dan demam yang menggigil.
 
Sejumlah faktor yang membuat Anda berisiko tinggi ISK adalah diabetes, hamil, batu ginjal atau memiliki kateter pada kandung kemih.
 
Penyakit menular seksual
 
Buang air kecil dibarengi rasa seperti terbakar juga menjadi tanda ada serang penyakit menular seksual seperti herpes genital, klamidia dan gonore.
 
Dalam kasus itu buang air kecil akan disertai rasa gatal, lecet atau luka untuk herpes genital dan cairan abnormal.
 
Peradangan
 
Peradangan pada saluran kemih akan menyebabkan rasa nyeri saat kencing. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan seperti interstitial cystitis, perubahan vagina terkait dengan menopause, penggunaan douche atau spermisida, efek samping dari obat-obatan dan tumor tertentu.
 
Batu ginjal
 
Rasa terbakar saat buang air kecil merupakan gejala umum dalam kasus batu ginjal. Ini biasanya terjadi ketika batu bergerak ke bawah ureter mendekati kandung kemih yang menyebabkan dorongan kuat sehingga akan menyakitkan.
 
Infeksi jamur
 
Ini merupakan penyebab umum dari buang air kecil dengan rasa serperti terbakar. Hal ini umumnya berkaitan dengan diabetes.
 
Kehamilan
 
Kehamilan adalah kondisi fisiologis yang akan membuat sistem kekebalan tubuh kita sedikit lemah. Sehingga infeksi akan lebih mudah terjadi karena kekebalan tubuh lemah. Infeksi saluran kemih menyebabkan nyeri buang air kecil.
 
Prostitis
 
Prostatitis adalah salah satu penyebab sering buang air kecil dengan rasa terbakar pada laki-laki. Prostatitis adalah peradangan pada kelenjar prostat yang mungkin terjadi pada pria muda dan setengah baya.(rep03)